#SatuHATIBEMFMIPA

Minggu, 14 April 2013

One Man One Tumbler !!!

Posted by BEM FMIPA UNJ On 01.40
Apa itu One Man One Tumbler?

Jika dilihat dari arti katanya maka One Man One Tumbler memiliki arti satu orang satu tempat minum (bukan satu laki-laki satu tempat minum ya teman-teman, hehe). Nah, One Man One Tumbler ini merupakan salah satu gerakan yang diusung oleh BEM FMIPA Universitas Negeri Jakarta. Jadi teman-teman ataupun warga FMIPA diharapkan dapat membawa tempat minum setiap harinya.

Sebenarya apa sih tujuan dari gerakan One Man One Tumbler ini? Nah, tujuannya  adalah untuk mengurangi sampah plastik. Jika kita perhatikan dan bayangkan, setiap hari pasti ada saja mahasiswa yang membeli minum dalam bentuk kemasan botol plastik. Dalam satu fakultas saja terdiri dari banyak mahasiswa dan hampir semuanya membeli minum setiap hari. Bisa kita bayangkan seberapa banyak produksi sampah botol plastik yang terkumpul. 

Mungkin kalian bertanya-tanya, memang kenapa dengan sampah plastik tersebut? Apa masalahnya? Jawabannya mudah saja, selain karena sampah plastik yang ada akan  semakin menumpuk, sampah plastik juga tergolong sampah anorganik. Sampah anorganik ini adalah sampah yang sulit terurai secara alami di alam. Membutuhkan waktu yang sangat lama untuk menguraikan sampah jenis ini di alam, maka yang ada sampah seperti ini akan semakin menumpuk. Selain itu, botol plastik ini terbuat dari bahan-bahan kimia, yang jika terurai di tanah akan mencemari tanah. Oleh karena itu, yuk kurangi penggunaan botol kemasan plastik :) 

Untuk mendukung gerakan One Man One Tumbler ini, BEMF MIPA UNJ menyediakan refill atau tempat mengisi kembali tempat minum warga FMIPA dengan menyediakan galon dan dispenser di lobi gedung FMIPA. Karena sudah disediakan galon dan dispenser pasti sudah mempermudah teman-teman FMIPA untuk mengisi ulang tempat minumnya, jadi sudah tidak ada alasan lagi kan untuk tidak membawa tempat minum?

Yuk sama-sama kita lindungi bumi kita. Mulai saat ini biasakan diri kita untuk membawa satu tempat minum setiap hari. Kami tunggu konstribusi dari teman-teman! 

Penulis: Vita Istiqomah
Categories:

1 komentar :