#SatuHATIBEMFMIPA

Rabu, 07 Agustus 2013

Selamat Datang Mahasiswa Baru FMIPA UNJ 2013

Posted by BEM FMIPA UNJ On 21.30


Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Seandainya manusia tidak bersyukur kepada Allah Yang Mahaperkasa dan Mahamulia, maka sedikit pun tidak akan mengurangi keperkasaan dan kemuliaan-Nya. Karena sesungguhnya manusia yang membutuhkan Allah, bukan Allah yang membutuhkan manusia. Allah dan malaikat saja bershalawat kepada Rasulullaah, amat congkak lagi tak tahu diri bila kita enggan bershalawat kepada sang pemimpin terbaik dunia yang pernah ada, Rasulullaah.

Selamat datang mahasiswa baru FMIPA UNJ 2013. Saya sangat senang atas kedatangan teman-teman sebagai keluarga baru di FMIPA UNJ.  Apresiasi  untuk teman-teman yang telah memilih FMIPA UNJ sebagai tempat menuntut ilmu yang kelak bermanfaat bagi diri, keluarga, almamater, dan bangsa. Saya yakin kesuksesan dan kebahagiaan bukan karena dimana kita kuliah,melainkan pribadi yang sungguh-sungguh tulus berusaha dan berdo’a. Man jadda wajadda.
                 
Tak menyangka dahulu siswa,sekarang telah mahasiswa. Tangis bahagia berpisah dengan sahabat dan guru di sekolah atau madrasah berganti senyum bahagia berjumpa dengan sahabat baru di kampus serta tertantang menatap masa depan.  Rasa ingin tahu atau penasaran saya duga muncul di benak teman-teman dan bertanya lebih susah atau mudah menjadi mahasiswa? Apa itu Sistem Kredit Semester (SKS)? Bagaimana cara mendapat IP tinggi dan lulus cepat?  Berapa lama kuliah dalam sehari? Ada beasiswa tidak? Setelah lulus jadi apa? Jadi mahasiswa berprestasi bagaimana? Dosen itu sama dengan guru tidak? Tugasnya banyak atau sedikit? Pakaiannya bebas atau formal? Ekstrakurikulernya ada apa saja?  dan lain sebagainya.  Tentu lebih nyata dan terasa bila teman-teman menjawab benak itu dengan melakukan ( learning by doing) daripada saya yang menjawabnya.
                 
MPA (Masa Pengenalan Akademik) adalah waktu yang tepat untuk mengawali learning by doing teman-teman. Berbeda dengan MOS (Masa Orientasi Siswa) yang memprihatinkan, misal atribut yang “ada-ada saja” seperti tali rafia dijadikan ikat pinggang, belahan bola plastik dijadikan topi, kaos kaki beda warna, atau penugasan yang kurang mendidik seperti menulis surat cinta kepada panitia MOS. Anehnya entah sadar atau tidak kita patuh-patuh saja,tanpa bertanya kenapa atributnya seperti orang gila? Penugasannya kenapa seperti orang yang pacaran? MPA diikuti orang-orang bukan sembarangan, melainkan orang-orang pilihan pada tempatnya yaitu mahasiswa. Oleh karena itu tidak pantas dan terhormat bila MPA dijadikan ajang bullying, “ngerjain”,dan  “bodohin” mahasiswa baru. 

Oleh karena itu usaha, doa, dan harapan saya, MPA FMIPA UNJ 2013 dapat memantaskan dan mengormati teman-teman sebagai mahasiswa baru dengan mengenalkan akademik atau kehidupan kampus di FMIPA UNJ secara benar sehingga benak teman-teman yang saya duga atau belum saya duga dapat terjawab dengan jelas dan mudah. Selamat dan sukses mengikuti MPA FMIPA UNJ 2013. Terimakasih atas perhatiannya dan mohon maaf bila ada kesalahan. Kebenaran datangnya dari Allah dan kesalahan dari saya dan syaithan yang terkutuk.
Wassalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.

Hidup Mahasiswa! Hidup Rakyat Indonesia!

Andi Ryansyah
( Ketua Umum BEM FMIPA UNJ 2013/2014 )
Categories:

0 comments :

Posting Komentar