#SatuHATIBEMFMIPA

Minggu, 20 Oktober 2013

Pantai Kenjeran yang Terlupakan

Posted by BEM FMIPA UNJ On 12.12
Oleh: Abdul Hasan Al Asyari (Mahasiswa UNJ)

Tepatnya bulan Mei 2013 lalu, saya berkesempatan untuk mengunjungi sebuah pantai  yang berlokasi di  Jl. Sukolilo No. 100 Surabaya Timur/Sukolilo, Pantai Kenjeran namanya. Ini merupakan perjalanan pertama saya mengunjungi Surabaya sebagai orang asli Jakarta. Perjalanan saya ke Pantai Kenjeran kali ini, merupakan sebagai salah satu rangkaian dari acara Youth Environmental Leader Summit (YELS) yang di adakan oleh BEM ITS dan diikuti oleh pemuda seluruh nusantara.
Namun, selama perjalanan menuju pantai saya bertanya kepada peserta asal Surabaya mengenai keadaan Pantai Kenjeran. Dan saya terkejut, bahwa Pantai Kenjeran di mata arek Surabaya sendiri begitu banyak sampah dan kotor karena ulah para pengunjung. Selain itu, selama perjalanan saya menuju Surabaya, saya banyak berbincang dengan penumpang kereta lain yang memang asli orang Surabaya. Dan ketika saya menanyakan hal yang sama tentang Pantai Kenjeran, saya pun mendapat jawaban yang sama yaitu banyak sampah dan kotor.

Tujuan saya mengunjungi Pantai Kenjeran adalah untuk ikut serta dalam kegiatan Surabaya Green Action yang nantinya akan menanam 1000 mangrove dan bersih-bersih pantai dengan beberapa komunitas hijau Surabaya dan peserta YELS lainnya. 
 
Akhirnya, sampai juga di Pantai Kenjeran. Kata pertama yang muncul di mulut saya adalah “sepi”. Sambil menelusuri Pantai Kenjeran yang begitu luas ternyata berbanding terbalik dengan pengunjung yang datang. Dan ternyata anggapan Pantai Kenjeran itu banyak sampah dan kotor adalah benar. Ketika saya menanam mangrove, tak sedikit sampah plastik yang hanyut terbawa air dan lumpur. Setelah menanam mangrove dan bersih-bersih, saya mengelilingi berbagai sudut Pantai Kenjeran. Ternyata Pantai ini begitu indah kawan, ditambah banyaknya penjual souvenir menarik seperti bros dan gantungan kunci dari kerang. Berbagai macam aneka permainan pun menambah kecerian pantai ini.
 
Rasanya sungguh menarik dan seru wisata kali ini. Berwisata sekaligus aksi untuk alam adalah dua hal yang bermanfaat. Mungkin ada baiknya jika Pantai Kenjeran dijadikan sebagai ecowisata nantinya. Semoga Pantai Kenjeran tak terlupakan seperti mutiara di dasar lautan.
 
 
 
 
 
sumber: http://aboel-new.blogspot.com/

0 comments :

Posting Komentar